Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh
pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman,
sikap, dan ketrampilan serta perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi
ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah.
Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi diatas
adalah melalui pembelajaran di luar kelas (outdoor).
Pembelajaran outdoor merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas belajar anak. Anak dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Lebih lanjut, belajar di luar kelas dapat menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang nyata akan memberikan peningkatan kapasitas pencapaian belajar melalui objek yang dipelajari serta dapat membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik.
Pembelajaran outdoor merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas belajar anak. Anak dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Lebih lanjut, belajar di luar kelas dapat menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang nyata akan memberikan peningkatan kapasitas pencapaian belajar melalui objek yang dipelajari serta dapat membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik.
Pembelajaran outdoor yang akan dilakukan adalah studi
lapangan. Studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran outdoor
dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta–fakta guna memperoleh
data dengan cara terjun langsung ke lapangan. Studi lapangan merupakan cara
ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional sehingga didapat hasil yang
lebih akurat. Dalam kegiatan studi lapangan, siswa diajak mengunjungi ke tempat
dimana objek-objek yang akan dipelajari tersedia disana.
Melalui kegiatan studi lapangan siswa akan memiliki
pengalaman belajar yang tinggi karena berinteraksi dengan objek secara
langsung. Selain itu, siswa dapat belajar lebih dalam dengan kegiatan lapangan dari pada belajar
secara tekstual melalui buku-buku. Hal ini disebabkan berbagai fenomena nyata
yang tidak terdapat di dalam buku dapat diamati secara langsung sehingga
memunculkan rasa ingin tahu siswa. Rasa ingin tahu akan mendorong siswa untuk
mencari jawaban/belajar lebih keras.
Sementara itu beberapa kelebihan dari pembelajaran
outdoor dengan melalui studi lapangan yaitu:
1. Pembelajaran di luar kelas akan meningkatkan pencapaian
pembelajaran melalui kemampuan mengorganisasi, pendekatan yang lebih baik
karena belajar dari obyek langsung merupakan satu hal yang utama.
2. Belajar-mengajar di luar kelas
memudahkan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi
anak didik.
3. Belajar-mengajar di luar kelas dapat
melibatkan semua pancaindera dalam pembelajaran.
4. Penggunaan Media Pembelajaran yang
Konkret.
5.
Mendekatkan Hubungan Emosional antara Guru dan Siswa
6. Belajar-mengajar di luar kelas
memberikan peluang kepada anak didik untuk mengembangkan pengetahuan cinta lingkungan
dan mengarahkan sikap kearah lingkungan yang lebih baik.
7. Belajar-mengajar di luar kelas lebih
meningkatkan aktivitas anak dengan memungkinkannya menggunakan beragam cara,
seperti mengamati, bereksperimen.
TUJUAN
Tujuan kegiatan ini adalah:
1. Meningkatkan wawasan, kemampuan, kesadaran,
dan rasa cinta siswa terhadap permasalahan empiris di lingkungan hidupnya.
2. Menambah wawasan daya nalar siswa
setelah menghadapi fenomena di sekitarnya.
3. Menambah wawasan pola pikir siswa
untuk mengadakan inovasi terhadap lingkungan.
4. Meningkatkan kerja sama antar siswa
dalam menangani permasalahan di lingkungan.
No comments:
Post a Comment