Wednesday 23 April 2014

Out Door Study



Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi diatas adalah melalui pembelajaran di luar kelas (outdoor). 
Pembelajaran outdoor  merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas belajar anak. Anak dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Lebih lanjut, belajar di luar kelas dapat menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa  dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang nyata akan memberikan peningkatan kapasitas pencapaian belajar melalui objek yang dipelajari serta dapat membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik.
Pembelajaran outdoor yang akan dilakukan adalah studi lapangan. Studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran outdoor dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta–fakta guna memperoleh data dengan cara terjun langsung ke lapangan. Studi lapangan merupakan cara ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional sehingga didapat hasil yang lebih akurat. Dalam kegiatan studi lapangan, siswa diajak mengunjungi ke tempat dimana objek-objek yang akan dipelajari tersedia disana.
Melalui kegiatan studi lapangan siswa akan memiliki pengalaman belajar yang tinggi karena berinteraksi dengan objek secara langsung. Selain itu, siswa dapat belajar lebih dalam dengan kegiatan lapangan dari pada belajar secara tekstual melalui buku-buku. Hal ini disebabkan berbagai fenomena nyata yang tidak terdapat di dalam buku dapat diamati secara langsung sehingga memunculkan rasa ingin tahu siswa. Rasa ingin tahu akan mendorong siswa untuk mencari jawaban/belajar lebih keras.
Sementara itu beberapa kelebihan dari pembelajaran  outdoor dengan melalui studi lapangan yaitu: 
1.      Pembelajaran di luar kelas akan meningkatkan pencapaian pembelajaran melalui kemampuan mengorganisasi, pendekatan yang lebih baik karena belajar dari obyek langsung merupakan satu hal yang utama.
2.      Belajar-mengajar di luar kelas memudahkan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak didik.
3.      Belajar-mengajar di luar kelas dapat melibatkan semua pancaindera  dalam pembelajaran.
4.      Penggunaan Media Pembelajaran yang Konkret.
5.      Mendekatkan Hubungan Emosional antara Guru dan Siswa
6.      Belajar-mengajar di luar kelas memberikan peluang kepada anak didik untuk mengembangkan pengetahuan cinta lingkungan dan mengarahkan sikap kearah lingkungan yang lebih baik.
7.      Belajar-mengajar di luar kelas lebih meningkatkan aktivitas anak dengan memungkinkannya menggunakan beragam cara, seperti mengamati, bereksperimen.


















  TUJUAN
            Tujuan kegiatan ini adalah:
     1.   Meningkatkan wawasan, kemampuan, kesadaran, dan rasa cinta siswa terhadap permasalahan empiris di lingkungan hidupnya.
                 2.   Menambah wawasan daya nalar siswa setelah menghadapi fenomena di sekitarnya.
                 3.   Menambah wawasan pola pikir siswa untuk mengadakan inovasi terhadap lingkungan.
                 4.   Meningkatkan kerja sama antar siswa dalam menangani permasalahan di lingkungan.
 



No comments:

Post a Comment